Sabtu, 28 Januari 2017

Hal-Hal Yang Mewajibkan Seseorang Mandi

Hal-Hal Yang Mewajibkan Seseorang Mandi




Assalamu alaikum wr wb
Berbicara soal mandi, setiap orang pasti pernah mandi. Mandi pada dasarnya adalah mubah hukumnya. Namun ada beberapa hal yang mewajibkan seseorang wajib mandi. Jika salah satu dari beberapa hal itu terjadi dalam diri seseorang maka ia wajib mandi. Adapun hal-hal yang menjadikan seseorang wajib mandi ada 6 perkara, yaitu:

1. Masuknya hasyafah (kepala penis) ke dalam farj

Jika kepala penis seseorang masuk ke dalam farj maka ia wajib mandi, meskipun tidak sampai mengeluarkan mani. Hal ini disebut juga dengan junub atau janabat. Kewajiban mandi karena masuknya hasyafah ini wajib dilakukan meskipun tanpa kesengajaan, penis impoten ataupun dengan penghalang seperti memakai kondom. Jika seorang tidak memiliki hasyafah atau hasyafahnya terputus maka ia wajib mandi dengan memasukan penis seukuran hasyafah ke dalam farj. Farj yang dimaksud dalam hal ini bukan hanya kemaluan wanita (vagina). Yang dimaksud dengan farj dalam hal ini adalah lubang kemaluan depan (vagina) atau belakang (anus) dari manusia, hewan, mayit atau anus laki-laki. Jika seorang memasukan hasyafah (kepala penis) ke dalam salah satu dari hal tersebut maka ia wajib mandi. Sehingga wajib mandi bagi seorang yang bersetubuh dengan hewan. Rasulullah saw bersabda "Jika dua kelamin bertemu maka benar-benar wajib mandi meskipun tidak mengeluarkan mani.” Dari hadist ini dapat diambil kesimpulan bahwa yang wajib mandi adalah yang menyetubuhi atau yang disetubuhi, kecuali yang disetubuhi adalah mayit atau hewan.

2. Keluarnya mani

Keluarnya mani menyebabkan seseorang wajib mandi berdasarkan hadist Nabi yang berbunyi: “Hanya saja air adalah dari air.” Dan juga hadist shohih yang diriwayatkan dari Ummu Salamah. Beliau berkata “Ummu Sulaim datang kepada Rasulullah dan berkata: “sesungguhnya Allah tak akan merasa malu dari suatu kebenaran. Apakah wajib untuk mandi bagi seorang perempuan jika bermimpi keluar mani?” Maka nabi menjawab: “Ya, jika melihat air (mani).” Cairan-cairan yang keluar dari kemaluan  tidak terbatas hanya air mani, tapi cairan yang keluar dari kemaluan ada 3, yaitu:
a. Mani
Mani adalah cairan putih yang keluar dengan tersendat-sendat ketika syahwat memuncak dan mengakibatkan lemas setelah keluar.
b. Madzi
Madzi adalah cairan putih, halus dan lengket, yang keluar ketika terangkatnya syahwat sebelum mencapai puncaknya.
c. Wadi
Wadi adalah cairan putih, kasar dan keruh, yang keluar setelah kencing atau ketika membawa benda yang berat.
Dari 3 macam cairan yang keluar dari kemaluan diatas, 2 diantaranya adalah najis tapi tidak mewajibkan mandi yaitu Madzi dan Wadi. Adapun air mani maka hukumnya adalah suci dan mewajibkan mandi. Namun mani memiliki beberapa ciri-ciri yang bisa membedakan dengan cairan yang lain, yaitu:
1. Terasa nikmat ketika keluarnya (keluarnya dengan syahwat)
2. Keluarnya dengan tersendat-sendat
3. Baunya seperti bau adonan roti jika air mani masih basah atau seperti bau putih telur jika mani telah kering. Dari beberapa ciri-ciri air mani tersebut, jika seseorang merasakan salah satu dari hal tersebut maka itu adalh mani. Namun jika salah satu hal tersebut tidak dirasakan ketika keluarnya cairan dari kemaluan, maka cairan tersebut bukanlah mani melainkan Madzi atau Wadi. Permasalahan Jika seorang mengeluarkan cairan dari kemaluannya tapi ragu apakah yang keluar adalah mani atau bukan. Bagaimana hukumnya? Maka ia boleh memilih antara menjadikan air mani atau madzi. Jika ia memilih untuk menjadikan sebagai mani maka ia wajib mandi saja. Namun jika ia menjadikan sebagai madzi maka ia tidak wajib mandi, wudhu yang ia miliki batal dan wajib membasuh segala hal yang terkena cairan tersebut. Namun lebih baiknya digabungkan antara mani dan madzi, sehingga ia mandi dan membasuh segala hal yang terkena cairan tersebut. Tidak semua mani yang keluar dari kemaluan mewajibkan mandi. Tapi ada ketentuan-ketentuan yang menjadikan keluar mani sebagai perkara yang mewajibkan mandi, yaitu:
1. Mani dirinya sendiri
Seorang wajib mandi karena keluarnya mani jika mani yang keluar adalah maninya sendiri. Adapun mani orang lain yang keluar dari kemaluannya maka ia tidak wajib mandi namun wudhu yang telah ia kerjakan batal. Contohnya adalah ketika seorang suami menyetubuhi istrinya, sedang istrinya tidak terangkat syahwatnya (disetubuhi ketika tidur atau dipaksa) setelah itu ia mandi kemudian keluar mani maka ia tidak wajib mandi lagi. Namun jika si istri terangkat syahwatnya maka ia wajib mandi lagi jika keluar mani setelah mandi.
2. Mani yang keluar adalah mani yang pertama kali
Jika mani yang keluar bukan yang pertama kali maka tidak wajib mandi dan wudhu yang telah ia kerjakan batal. Contohnya adalah ketika seorang keluar mani, setelah keluar, mani tersebut dimasukan kembali ke dalam kemaluannya, maka ia tidak wajib mandi untuk ke dua kalinya. Dari penjelasan diatas, jika mani yang keluar memenuhi ketentuan-ketentuan tersebut maka ia wajib mandi, jika salah satu dari ketentuan tersebut tidak terpenuhi maka ia tidak wajib mandi untuk yang ke dua kalinya.

3. Haidh

Haidh adalah darah yang keluar dari rahim seorang perempuan bukan disebabkan karena sakit. Wanita yang haidh wajib melakukan mandi, namun kewajiban mandi ini wajib dilakukan setelah berhentinya darah haidh dan ketika ingin melakukan hal-hal yang bergantung dengan kesucian seperti wudhu. Allah berfirman: “Maka jauhilah istri pada waktu haidh dan jangan kamu dekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, campurilah mereka sesuai dengan (ketentuan) yang diperintahkan Allah kepadamu.” Seorang istri wajib menyerahkan diri sepenuhnya kepada suami, namun hal ini tidak mungkin bisa dilakukan tatkala istri belum bersuci dari haidh, karena ayat tersebut menjelaskan bahwa seorang istri boleh didatangi oleh suaminya setelah ia bersuci. Sehingga ia diwajibkan untuk mandi supaya bisa sepenuhnya menyerahkan dirinya kepada suami.

4. Nifas

Nifas adalah darah yang keluar setelah rahim kosong dari pada kandungan. Sebagaimana wajib mandi bagi seorang yang telah berhenti dari darah haidh, maka wajib mandi juga terhadap seorang perempuan yang telah berhenti dari darah nifas. Karena darah nifas adalah darah haidh yang telah lama mengumpul.

5. Melahirkan

Seorang yang telah melahirkan maka ia wajib mandi meskipun ketika melahirkan bayi kembar. Sehingga ia sah mandi setelah keluarnya anak yang pertama. Kemudian jika keluar anak yang kedua ia wajib mandi kembali. Hal ini dikarenakan bayi adalah mani yang terkumpul. Karena kita tahu bahwa bayi terlahir dari air mani. Kewajiban mandi juga diwajibkan meskipun yang keluar adalah gumpalan darah atau gumpalan daging. Seperti dalam contoh seorang yang keguguran. Dengan syarat bidan telah mengetakan bahwa gumpalan darah atau daging tersebut adalah janin. Bagaimana dengan seorang yang melahirkan dengan cesar? Wajibkah mandi baginya? Wajib bagi seorang yang melahirkan cesar tetap wajib mandi.

6. Mati/meninggal

Seorang muslim yang mati maka ia wajib dimandikan. Meskipun yang mati adalah janin yang telah berumur 4 bulan atau lebih namun keluar dari kandungan ibunya tanpa ada tanda-tanda kehidupan. Dengan syarat ia bukan mati syahid. Jika is seorang yang mati syahid maka tidak diperbolehkan untuk dimandikan.  Orang yang mati syahid adalah seorang yang mati melawan orang kafir. Kewajiban mandi ini wajib dilakukan oleh orang-orang yang hidup. Dan kewajiban ini adalah fardhu kifayah, artinya jika seorang telah memandikannya maka orang yang lain tidak terkena dosa namun jika tidak seorangpun yang mengerjakannya maka semua orang yang mukallaf di daerah tersebut terkena dosa.

Itulah hal-hal yang mewajibkan mandi. Semoga sedikit ilmu ini bermanfaat bagi pembaca. Kurang lebihnya mohon maaf dan saya ucapkan terimakasih.
Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar