Sabtu, 28 Januari 2017

Rukun Iman



Hai selamat malam,indahnya hidup jika kita bermanfaat untuk orang disekitar kita. Sebelumnya saya sudah membahas rukun islam,kali ini yang akan saya bahas adalah rukun iman.
Rukun iman adalah landasan atau pokok utama dalam beragama isalm. Iman berarti meyakini dalam hati,diucapkan lisan dan adanya perbuatan. Seseorang yang beriman tidak hanya diucapkan saja tetapi harus diyakini dan diamalkan. 
Rukun iman ada enam,jika kita mengimani rukun iman tersebut tidak semuanya melainkan ada satu saja yang kita ragukan dan tidak kita tidak meyakininya maka iman kita tidak diterima.
Berikut keenam rukun iman yang wajib kita imani sebagai umat islam;

1. Iman Kepada Allah Swt

Beriman kepada Allah berarti meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah itu ada dan dan keyakinan kita itu diucapkan dalam rukun islam pertama,yakni dua kalimah syahadat. Tidak berhenti disitu selain meyakini dan mengucapkan kita juga harus mengamalkannya melalui perbuatan dengan beribadah kepada Allah swt.

2. Iman Kepada Malaikat

Kedua beriman kepada malaikat Allah,meyakini adanya malaikat yang diciptakan Allah dengan memiliki tugas masing-masing yang telah ditentukan oleh Allah. Salah satu tindakan yang membuktikan bahwa kita beriman akan adanya malaikat adalah selalu menjaga perbuatan kita dimanapun kita berada karena kita yakin bahwa perbuatan kita akan dicatat oleh malaikat dan harus dipertanggungjawabkan kelak di akhirat apabila itu perbuatan buruk.

3.Iman Kepada Kitab -Kitab Allah

Selanjutnya kita wajib meyakini bahwa Allah sudah menurunkan kitab-kitabnya kepada utusannya. Kitab zabur diwahyukan kepada nabi Dawud as,taurot kepada nabi Musa as,injil kepada nabi Isa as dan kitab terakhir kitab suci Al-Qur'an sebagai kitab penyempurna di turunkan kepada nabi Muhammad saw.

4.Iman Kepada Rosul-Rosul Allah

Meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah swt memiliki utusan yang ia tugaskan untuk menyampaikan wahyu kepada umatnya masing masing pada zamannya masing-masing. Ada 25 rosul yang wajib kita imani dari yang pertama nabi Adam as hingga nabi terakhir sebagai penutup yaitu nabi Muhammad saw.

5.Iman Kepada Hari Akhir

Sebagai manusia yang memiliki akal dan fikiran sudah semestinya kita yakin bahwa hari akhir akan terjadi. Segala sesuatu yang diciptakan pasti akan binasa,begitupun dengan alam semesta. Allah swt telah menciptakan alam semesta dan isinya yang suatu saat nanti akan hancur dan akan digantikan dengan kehidupan yang abadi yaitu alam akhirat. Hari akhir hanyalah Allah swt saja yang mengetahuinya namun sebagai manusia kita hanya diberitahu mengenai tanda-tanda hari akhir saja dan sebagian tanda-tanda itu sudah muncul dan dapat kita lihat dalam kehidupan sekarang.

6.Iman Kepada Qada dan Qadar

Terakhir yang wajib kita imani adalah qada dan qadar. Qada adalah sesuatu yang telah diciptakan sebelum kita dilahirkan kealam dunia dalam kata lain adalah ketentuan yang telah ditetapkan Allah swt bisa disebut juga rencana. Sedangkan qadar adalah perwujudan dari qada atau rencana Allah swt. Dengan doa ,kita dapat meminimalisir takdir buruk yang akan menimpa diri kita. Maka dari itu berdoalah setiap saat,karena orang yang tidak pernah mengangkat tangan kepada Allah untuk meminta pertolongannya termasuk orang yang sombong.
Wallahu a'lam
Sampai disini dulu,ngomong-ngomong sudah ngantuk nih. Semoga kita termasuk orang-orang yang imannya sempurna,amin....
Sampai jumpa lagi,
Wassalam,,,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar