Kamis, 10 November 2016

Rukun Islam


Assalamu alaikum wr wb..
Selamat pagi pembaca yang budiman,semoga kita selalu ada dalam lindungan dan rahmat-Nya amin yra. Islam adalah agama yang dirahmati Allah swt yang menjadi agama terakhir hingga akhir zaman. Seorang muslim/muslimah memiliki kewajiban   belajar dari lahir hingga ia masuk ke liang lahat. Jadi selagi jantung kita berdetak belajar adalah suatu kewajiban bagi kita khususnya belajar ilmu agama islam dan ilmu lainnya yang  boleh dipelajari menurut ajaran islam . Dengan belajar dan memiliki ilmu seseorang akan memiliki iman yang kuat dan insya Allah akan merasakan manisnya hidup baik di dunia maupun di akhirat.
Seseorang akan sempurna agamanya apabila ia mengetahui dan mengamalkan rukun islam. Rukun islam adalah pondasi agama islam yang seharusnya ada pada diri orang-orang yang mengaku dirinya adalah seorang muslim/muslimah. Dengan memiliki pondasi yang kuat tentunya sebuah gedung juga akan berdiri kokoh dan tidak mudah roboh dan sebaliknya apabila pondasi gedung itu tidak kuat. Demian juga dengan agama kita.
Rukun islam ada 5 yaitu:

1. Dua kalimah Syahadat

Rukun pertama yaitu mengucapkan dua kalimah syahadat yang di dalamnya terdapat pengakuan sipengucap bahwa dia bersaksi tiada tuhan selain Allah swt dan Muhammad adalah utusan Allah. Tentunya tidak hanya mengucapkan saja tapi juga mengamalkan dalam kehidupan sehari hari dengan tidak menyekutukan Allah swt dan meyakini bahwa nabi Muhammad saw adalah utusan-Nya sebagai penutup nabi dan rosul .

2. Shalat

Selanjutnya adalah shalat. Allah mewajibkan umat islam untuk shalat lima waktu yaitu asar,magrib,isya,subuh dan dzuhur dengan waktu yang telah ditentukan. Solat inilah yang akan dihisab pertama kali di yaumil hisab.

3. Zakat

Islam mengajarkan kita agar terbiasa berbagi kepada orang yang benar-benar membutuhkan. Dengan adanya zakat menyadarkan bahwa harta yang kita miliki juga ada hak orang lain yang wajib kita berikan.

4. Puasa

Setiap umat islam diwajibkan berpuasa selama sebulan penuh di bulan romadon bagi yang sudah memenuhi syarat untuk melaksanakan kewajiban puasa.

5. Menunaikan ibadah haji ke  baitullah

Menunaikan ibadah haji memang kewajiban umat islam tapi hanya untuk orang yang mampu saja. Walaupun demikian jika kita berusaha dan berdoa insya Allah,Allah swt akan mengabulkan doa dan niat kita yang ingin menyempurnakan rukun islam.Haji merupakan bentuk ibadah kepada Allah swt dengan ruh, badan dan harta.

Demikian yang dapat saya sampaikan hari ini,semoga kita selalu giat dalam menuntut ilmu.

Wasalam..,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar